5 Tips Menjadi Entrepreneur Sukses

mind-of-an-entrepreneurHari ini dimulai dari pukul 09.00 saya mengikuti sebuah seminar yang merupakan rangkaian dari UI Young and Smart Entrepreneur Program. Pembicara dalam acara ini sungguh sangat menginspirasi saya sebagai seorang pemuda untuk bisa menjadi seorang young entrepreneur, pembicara di sesi satu adalah Chairul Tanjung (pemilik Para Group yang membawahi Trans Corp.) dan Yoris Sebastian (pengusaha bisnis kreatif OMG Creative Consulting dan pemenang the 2006 International Young Creative Entrepreneur of the Year dari British Council), Mereka memaparkan pengalaman mereka menjadi seorang entrepreneur yang bisa sukses dan dapat membawa nama baik Indonesia di lingkup Internasional.

Chairul Tanjung yang juga merupakan alumni FKG UI termasuk dalam fakultas rumpun kesehatan (sama seperti FIK UI tempat saya belajar), sungguh menginspirasi saya untuk menjadi seorang pengusaha sukses di luar lingkup pendidikan yang dipelajarinya. Beliau mengatakan bahwa untuk menjadi seorang pengusaha sangat diperlukan komitmen yang kuat dalam bekerja dan harus sangat memahami konsep “tidak ada pencapaian instan”. Senada dengan yang dikatakan oleh Chairul Tanjung, Yoris Sebastian juga mengatakan bahwa yang menjadi kunci sukses seorang entrepreneur adalah pola pikir yang unik, dan senantiasa bekerja dengan passion.

Ada kemmiripan yang tampak di antara kedua pengusaha hebat itu, adalah kemauan yang sangat tinggi dalam meraih cita-cita dan keinginan untuk menyebarkan semangat positif lewat keunggulan mereka masing-masing. Bila boleh saya simpulkan dari cerita yang mereka sampaikan dalam acara tersebut, ada paling tidak 5 tips agar bisa menjadi seorang entrepreneur yang sukses yaitu:

Mulailah dari yang kecil

yup, karena tidak ada pencapaian besar tanpa diawali oleh sesuatu yang kecil.

Sadarilah bahwa tidak ada pencapaian instan

banyak orang yang berpikir dan berharap akan mendapatkan sebuah kesuksesan secara instan, ketahuilah bahwa sesungguhnya kesuksesan adalah hasil dari sebuah proses yang baik, dan proses tersebut memang memerlukan waktu yang cukup.

Keluar dari rutinitas

karena rutinitas akan menciptakan sebuah pola pikir yang monoton, dan itu sangat berbahaya bagi kreatifitas seorang entrepreneur.

Berkawanlah secara luas

karena dengan cara ini lah, kita akan memiliki teman yang banyak dan suatu saat pasti akan memiliki pengaruh positif bagi usaha/bisnis yang kita jalani suatu hari nanti, maka bertemanlah dengan banyak orang dan jadilah orang selalu diharapkan kehadirannya.

Berusahalah secara optimal, dan serahkan hasil pada Yang Kuasa

Manusia hanya bisa berusaha dan hanya Dialah yang menentukan hasil dari usaha yang telah kita lakukan, bila belum berhasil maka pelajarilah dan coba lagi sesuai dengan pelajaran yang kita dapatkan dari kegagalan sebelumnya. Jangan pernah menyalahkan Tuhan, karena apapun hasilnya itulah yang terbaik bagi kita.

11 thoughts on “5 Tips Menjadi Entrepreneur Sukses

  1. Halo doni,saya soni dari feui.
    Saya juga merupakan peserta dari UIYSE.
    Terus terang saya sangat tertarik dengan kehadiran Chairul Tanjung karena beliau merupakan pengusaha yang dahsyat. Seorang anak FKG bisa menjadi pemilik Bank.haha
    Sebenarnya tadi ketika sesi tanya jawab ada hal yang ingin saya tanyakan.

    Dalam karir Chairul Tanjung,saya melihat ada "lompatan".Setelah lulus dari FKG,ia bekerja di perusahaan industri kecil.Ia pindah dari satu perusahaan ke perusahaan lain.Di perusahaan yang ketiga karirnya meingkat hingga menjadi direktur keuangan (mungkin karena perusahaannya kecil).
    di situ dia berkenalan dengan para kreditor,salah satunya Untung Sentausa. Di waktu itu ia ditawari oleh para kreditor ini untuk membuat usaha sendiri.kemudian terbentuklah perusahaan pertama Chairul Tanjung, perusahaan sepatu. Modal awalnya 200 juta (tahun 1988). CT menyetor 100 juta dan kreditor tadi 100 juta. And the rest is history.hehe

    Yang ingin saya tanyakan ke CT adalah :
    Apakah dengan bekerja di perusahaan industri kecil dan menengah merupakan strategi CT agar dapat kenal dengan kreditor2,atau direksi,atau pemiliknya?

    Sangat menarik.Mungkin juga karena dia adalah lulusan FKG sehingga tidak bisa diterima kalo melamar di P&G atau Astra atau Unilever.

    Nasib orang memang berbeda-beda.Hehe

    Oya jangan lupa liat web gw ya.Gw jualan kaos UI.hahaha.
    seperti kata CT,mulai dari yang kecil.

  2. waw… Bang Yoris main dan kasih komentar di blog ini…
    mantappp…. trims Bang Yoris atas dukungannya…
    U’re my role model, keep your briliant work too… =)

  3. (drinking)

    Tulisan yang inspiring…. keren…

    Sekedar info, Tanggal 26 November 2009 Brad Sugars, pengusaha internasional dan business coach ternama dari Australia bakal datang ke Indonesia, tepatnya di Jakarta International Expo, Arena Pekan Raya Jakarta, Kemayoran. Dia akan berbagi pengalaman dan teknik-tekniknya membesarkan bisnis. Info tentang Brad Sugars bisa di lihat di link ini.

    http://banpolotak.blogspot.com
    atau
    http://www.newyorkarto.co.cc

    Jadi, bagi entrepreneur muda indonesia yang punya impian besar, silahkan ambil langkah pertama dengan mencari info di link ini.

    http://b-training.co.cc/ad/redirect/11/0

    “Satu hal yang menurut orang adalah suatu dosa, namun sekarang saya melihatnya sebagai kebijaksanaan adalah: Saya Tidak Bisa DIPEKERJAKAN” – Brad Sugars

  4. bagaimana caranya menghilangkan perasaan takut gagal?karena inilah yang menjadio kendala saya selam ini..
    tapi tetap harus diiringi dengan meningkatkan keamanan negara agar citra Indonesia masalah keamanannya semakin baik di mata internasional..
    visit me @ Blog saya

  5. dari ulasan di atas saya merasa jika CT dapat menginspirasi kita semua
    ke manakahbsaya harus menghubungi untuk mengundang Pa CT menjadi pembicara?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *