4 Tips Meningkatkan Likes, Comment, dan Share Facebook

Anda menjalankan sebuah bisnis dan sudah memiliki page di facebook? Berarti Anda sudah memulai langkah yang tepat untuk menyebarkan nilai/pesan bisnis Anda ke seluruh dunia, sungguh hal tersebut merupakan awal yang baik. Kemudian tahukah Anda yang menjadi kunci dalam aktifitas promosi di facebook adalah, bagaimana supaya fans/followers fanpage bisnis Anda dengan sukarela memberi komentar, likes, dan share konten Anda. Dengan begitu konten bisnis Anda akan muncul pada newsfeed ribuan calon konsumen baru di facebook yang bahkan sama sekali belum pernah mendengar nama perusahaan/bisnis Anda.

facebookmarketing

Inilah 4 hal yang perlu Anda perhatikan supaya para audience di fanpage facebook Anda membantu promosi bisnis Anda melalui share, comment, dan like mereka:

Jenis Konten

Perlu Anda pahami bahwa status facebook yang berupa teks saja bertujuan untuk mengajak audience memberi komentar, sedangkan konten dalam bentuk foto bertujuan untuk mendapatkan share dan like. Sebagai contoh bila Anda bertjuan untuk mendapatkan publikasi melalui komentar, maka hal terbaik yang dapat Anda lakukan adalah memberikan pertanyaan atau mengutarakan pendapat yang cukup kontroversial kepada audience facebook Anda. Mungkin dengan cara ini Anda akan kehilangan beberapa audience yang tidak setuju dengan opini Anda, namun resiko yang didapat biasanya setimpal dengan hasil yang Anda terima yaitu konsumen loyal yang memiliki nilai yang sama dengan bisnis Anda.

Pilihan Waktu

Banyak sekali orang yang online di facebook sepanjang hari, namun nyatanya kebanyakan pengguna facebook tidak melihat newsfeed mereka hingga datang waktu istrirahat siang atau sampai mereka sampai di rumah setelah bekerja. Lakukanlah update di sekitar jam 12 siang atau sekitar jam 7-8 malam. dan tahan konten Anda yang paling menarik untuk akhir pekan, karena di akhir pekan merupakan trafik tertingginya facebook.

Konten yang Menarik

Memang cukup mudah untuk mengajak orang me-like page kita di facebook, tapi nyatanya hanya 10% orang yang kembali ke sebuah page setelah mereka me-like page tersebut. Jadi pastikan konten yang Anda tampilkan merupakan konten yang segar, menarik, dan relevan agar orang tetap me-like page Anda. Relevansi di sini memiliki porsi yang cukup penting, orang memutuskan untuk me-like page Anda karena mereka tertarik dengan konten yang coba Anda tawarkan di awal. Namun apabila mereka merasa di kemudian hari konten Anda tidak sesuai dengan harapan dan janji yang Anda berikan di awal, maka kredibilitas bisnis Anda akan hilang dan bahkan Anda kehilangan peluang untuk mendapatkan audience di kemudian hari.

Sampaikan saja

Pada umumnya audience memberikan respon positif terhadap sebuah perintah. Coba saja berikan kalimat “Berikan pendapat Anda tentang…bla…bla..bla…” atau “like gambar ini jika Anda… dan berikan komen Anda jika…” , maka Anda akan mendapatkan likes, komentar, dan share yang berlipat untuk satu konten. Kebanyakan konsumen memang senang untuk diminta melakukan sesuatu, terbukti dengan strategi “call to action” yang banyak digunakan di akhir iklan/kampanye.

Mengurus fanpage facebook kadang membuat Anda stress dan frustasi, terutama bila tidak ada seorang pun yang peduli dengan konten Anda. Tapi dengan meluncurkan konten yang menarik dan relevan di waktu-waktu yang ramai di facebook bisa meningkatkan trafik ke page Anda.

One thought on “4 Tips Meningkatkan Likes, Comment, dan Share Facebook

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *