4 Tips Dasar Mengoptimalkan Internet untuk Berbisnis

Banyak kawan-kawan saya sesama pebisnis, baik yang pemula maupun yang senior merasa bahwa perkembangan bisnisnya tidak begitu baik alias stagnan di situ-situ saja. Sebaliknya ada beberapa kawan di komunitas yang baru saya ikuti, yaitu JOS (Jamaah Online Shop) justru merasa perkembangan bisnisnya terlalu cepat bahkan ada juga kawan yang sampai merasakan masalah karena kebanyakan order sedangkan kemampuan dia untuk melayani dan memenuhi semua orderan tersebut masih terbatas.

Setelah saya diskusi lebih lanjut, rupanya beberapa kawan yang merasa bisnisnya stagnan ini belum mengoptimalkan berbagai fasilitas di internet baik yang berbayar maupun yang gratis untuk menunjang kegiatan bisnisnya sehari-hari. Kawan-kawan yang merasa stagnan ini bukanlah tipe orang gaptek dan ketinggalan jaman, saya melihat mereka aktif di beberapa jejaring sosial di internet, namun rupanya mereka baru menggunakan internet sebatas untuk kebutuhan sosial pribadi masing-masing dan belum mengetahui bagaimana mengoptimalkan internet untuk mengembangkan bisnisnya.

Saya memiliki setidaknya 4 tips bagaimana caranya mengoptimalkan internet untuk berbisnis, yaitu:

1. Menggunakan Jejaring Sosial untuk Bersosialisasi dan Berkomunitas

Tak bisa dipungkiri bahwa manusia sejatinya adalah makhluk sosial, selalu membutuhkan manusia lain dalam mempertahankan eksistensinya di muka bumi ini. Maka gunakanlah jejaring sosial ini untuk bersilaturahim, bertegur sapa, dan jangan ragu bila mendapatkan informasi mengenai acara seminar atau pertemuan lain segeralah bergerak untuk mendatanginya lalu bertemu langsung dengan orang-orang yang sebelumnya belum pernah bertemu. Intinya, gunakan jejaring sosial untuk menjalin simpul-simpul silaturahim yang baru.

2. Biasakan Menggunakan E-mail untuk Berkomunikasi Tulisan

gmail-logoE-mail bisa dibilang sebagai salah satu media tertua dalam berkomunikasi via internet, dan setahu saya e-mail digunakan sebagai “KTP” di semua layanan jejaring sosial di internet. Maka akan sangat aneh bila kita begitu aktif di jejaring sosial seperti facebook dan twitter namun tidak familiar dengan e-mail. Gunakanlah media ini sebagai media utama Anda untuk berkomunikasi tulisan di dunia internet, terutama untuk hal-hal yang penting seperti pengiriman surat resmi, ucapan selamat kepada klien, dll. Karena selain mudah diakses, e-mail saat ini juga merupakan media yang paling mudah diorganisasikan dan didokumentasikan sehingga sangat memudahkan kita untuk mencari kembali arsip komunikasi yang kita lakukan selama ini di kemudian hari.

3. Berbagilah Sebanyak yang Kau Mampu

Pada dasarnya penghuni di dunia internet memiliki kebiasaan dan kebutuhan yang sama dengan penghuni dunia nyata, semakin banyak Anda berbagi, terutama berbagi ilmu yang paling Anda kuasai, maka semakin Anda dirasakan bermanfaat bagi pengguna internet yang lain. Dengan berbagi, Anda akan menjadi pusat perhatian dan tidak jarang orang yang kemudian menaruh trust atas keahlian yang Anda miliki. Jika sudah demikian maka dengan mudah Anda bisa menawarkan apapun yang Anda miliki kepada audience Anda, tentunya diharapkan Anda tidak lantas melakukan hardselling dan melupakan tujuan Anda berbagi yaitu untuk menebar manfaat ke khalayak ramai. Dan satu yang perlu diingat adalah ketika kita sudah benar-benar bermanfaat untuk orang lain, tak perlu lagi kita mengejar uang, karena justru uang yang akan mengejar kita.

4. Gooooogling

Di luar sana sangat banyak ilmu yang bertebaran dan ditulis sendiri oleh para ahlinya, mulai dari strategi marketing, pengelolaan SDM, sampai bagaimana sebaiknya kita membangun bisnis kita ke depan. Tapi rupanya tidak banyak yang memanfaatkan Google sebagai “mentor” bisnis, padahal layanan ini gratis dan semakin ke sini semakin cerdas dalam menyediakan informasi yang kita butuhkan.  Oleh karenanya, bila belum terbiasa segeralah membiasakan diri untuk “sedikit-sedikit googling, googling kok cuma sedikit” sebelum bertanya kepada siapapun dan tentang apapun.

Kira-kira itulah 4 tips dasar yang bisa Anda gunakan untuk mulai mengoptimalkan media internet bagi bisnis Anda.

Jangan pernah lelah untuk belajar, karena dunia ini masih terus berputar.

One thought on “4 Tips Dasar Mengoptimalkan Internet untuk Berbisnis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *