3 Tips Sukses Email Marketing

Banyak yang menganggap email marketing sudah ketinggalan jaman dan kuno, nah tulisan ini akan menunjukkan kepada Anda bagaimana mengoptimalkan email marketing.

sumber gambar: intoon.com

sumber gambar: intoon.com

Faktanya lebih dari 94% pengguna internet usia dewasa aktif menggunakan email, dan sejauh ini masih menjadi metode terbaik dalam melakukan digital marketing, dan dengan ini email marketing masih menjadi salah satu cara terbaik bagi Anda untuk menjangkau baik pelanggan lama maupun calon pelanggan bisnis Anda. Dengan menggunakan tehnik dan cara yang benar, pemasaran melalui email bisa menjadi kunci utama dalam komunikasi antara pelanggan dengan bisnis Anda.

Paling tidak ada 3 elemen dasar dari sebuah kampanye email marketing yang sukses:

1. Subject Email

Saat ratusan email datang dalam satu hari saja, maka hampir bisa dipastikan para pelanggan akan langsung menghapus atau setidaknya dibiarkan tidak terbuka email-email yang judulnya tidak relevan menurut mereka. Oleh karena itu subject email menjadi bagian yang sangat penting dalam email marketing Anda, karena ini merupakan waktu kritis yang singkat dan sangat menentukan apakah pelanggan/calon pelanggan akan membuka email Anda sebelum mereka menghapus dan berpindah ke email berikutnya.

Salah satu subject email terbaik adalah yang menyebutkan semacam insentif yang didapat bila membuka email tersebut. Apabila di subject menawarkan diskon atau promo, maka peluang dibukanya email Anda menjadi dua kali lebih besar. Lebih jauh, sangat disarankan untuk menggunakan antara 30 – 50 karakter saja pada subject email Anda. Pendek, manis, dan langsung ke tujuan adalah pilihan terbaik yang bisa Anda pilih dalam merangkai kata untuk subject email yang efektif.

2. Penampilan

Terbukti bahwa semakin banyak dan panjang tulisan pada sebuah email, maka tingkat konversinya juga semakin rendah. Secara umum email Anda seharusnya berisi tidak lebih dari 2 – 3 jenis huruf, dan jangan lupa Anda juga sangat perlu memasukkan gambar ke dalam email Anda agar tampilannya proporsional dan tidak membosankan. Logo perusahaan pun perlu Anda tampilkan supaya kredibilitas brand Anda tetap terjaga.

Di Indonesia, internet paling banyak diakses melalui mobile dan sangat besar kemungkinan bahwa email marketing yang Anda buat nantinya kebanyakan diakses melalui mobile phone. Maka sangatlah penting untuk mengoptimasi email marketing Anda untuk perangkat mobile, salah satu contohnya adalah tidak membuat lebar email Anda lebih dari 650 piksel karena akan membuat pengguna perangkat mobile harus scrolling secara horizontal, hal yang kebanyakan orang tidak akan mau melakukannya.

3. Konten Persuasif

Pada akhirnya, tujuan dari sebuah email marketing adalah untuk menyampaikan pesan/ajakan yang jelas kepada orang banyak untuk berbuat sesuatu -yang tentunya akan menguntungkan bisnis Anda-. Sangat direkomendasikan untuk menyampaikan ajakan untuk melakukan sesuatu dalam email Anda paling tidak sebanyak tiga kali, dan salah satunya harus secara jelas ditaruh di awal-awal tulisan. Pesan ajakan yang sukses bisa terlihat dari berapa banyak yang akhirnya mengklik link yang ada di email Anda, dan jangan lupa juga untuk membuat landing page yang relevan dengan isi email yang Anda ingin sampaikan ke pembaca.

Penggunaan email marketing sangat efektif bagi banyak jenis bisnis, gunakan tiga tips di atas dan pastikan isi email Anda bermanfaat dan layak bagi para pembaca. Percobaan yang bisa Anda lakukan adalah mengirim email promosi ke orang-orang terdekat Anda dan minta mereka untuk mengidentifikasi pesan yang ingin Anda sampaikan. Bila rupanya sulit ditemukan, bongkar dan ketik kembali email Anda. Sambil Anda memperbaiki setiap email marketing yang Anda kirimkan, tanpa sadar email marketing akan menjadi salah satu metode yang paling ampuh memasarkan bisnis Anda.

One thought on “3 Tips Sukses Email Marketing

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *